Selasa, 10 Maret 2015

Cara Merawat Kesehatan Lambung

Lambung adalah salah satu alat pencernaan pada manusia. Lambung berperan penting dalam mencerna makanan dan menyerap beberapa nutrisi makanan. Struktur lambung terdiri atas 4 lapisan yaitu Mucosa, Submucosa, Muscularis, Serosa.
Lambung harus selalau dijaga kesehatannya sebab dapat menyebabkan banyak penyakit seperti radang lambung, luka lambung dan kanker lambung. Penyakit-penyakit pada lambung tersebut biasanya diakibatkan oleh adanya luka pada bagian lambung. Maka dari itu, kiatlah sejak dini kita merawat kesehatan lambung dengan benar. Jangan sampai kalau sudah terkena ganggunan masalah lambung baru deh cari pengobatan. Seperti pepatah yang mengatakan "Mencegah lebih baik dari pada Mengobati". Untuk itu, ketahuilah cara merawat kesehatan lambung dengan benar. Berikut ini cara sehat merawat lambung:

  • Mengurangi konsumsi makanan pendas dan asam
Ketika ada makanan yang masuk ke dalam lambung, maka secara almai lambung akan mengeluarkan asam HCl. Namun bila mengkonsumsi makanan pedas atau asam dapat membuat lambung menyekresikan asam HCl lebih banyak lagi. Hal ini dapat membuat lambung terasa perih atau terkena maag. Oleh karena itu, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan pedas dan asam.
  • Mengurangi Konsumsi Minuman Bersoda
Banyak mengkonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pada lambung, karena efek dari karbonasi dari minuman bersida dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh dan memicu refleks yaitu naiknya kembali makanan yang berada di lambung ke kerongkongan.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang tinggi serat dapat menurunkan resiko terkena penyakit tukak lambung. Serat yang bersumber dari sayuran dan buah-buahn dapat membantu menyembuhkan tukak pada lambung. Namun tetap menjga tubuh dari konsumsi buah dan sayuran yang asam.
  • Mengunyah makanan lebih lama
Cara mengunyah makanan ternyata dapat mempengaruhi kesehatan lambung, Kita dianjurkan untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali sebelum ditelan. Makanan yang tidak dikunyah sangat halus dapat menyebabkan gangguan pada lambung yaitu meningkatnya asam lambung karena makanan tidak dinetralkan oleh saliva (air liur)
  • Makan secara teratur
Walau aktifitas anda pada, tetaplah berusaha makan secara terautr setiap hari. Sebab, ketika makanan masuk ke lambung, secara otomatis lambung akan memproduksi cairan asam lambung. Secara lamai ketika waktu makan telah tiba, maka lambung akan memproduksi asam lambung. Jika tidak ada makanan yang masuk saat itu dapat menyebabkan asam lambung menghancurkan dinding lambung. Akibatnya lambung terasa perih.

Oleh karena itu, mulailah dari sekarang merawat lambung dengan baik dan benar untuk menghindari penyakit lambung yang lebih serius. Itulah pentingnya kita mengetahui cara merawat kesehatan lambung. Semoga bermanfaat




[sumber: teruskan.com]


| Cara Merawat Kesehatan Lambung




Simak Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar